Ini 4 Kategori Umkm Incaran Blibli Untuk Go International
Jakarta – Plaform e-commerce lokal Blibli.com menggelar ajang kompetisi wirausaha The Big Start (TBS) untuk keempat kalinya. Lewat event ini para pengusaha muda usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) ditantang unjuk kreativitas untuk memperebutkan modal perjuangan senilai Rp 1,3 miliar.
Terdapat empat kategori utama di kompetisi ini, yaitu kuliner, fashion, kriya, kesehatan dan kecantikan (KKE).
“Untuk tahun ini ada 4 kategori, fashion, kuniler, kesehatan dan kecantikan dan kriya. 4 hal ini menurut survei kami yakni memang yang paling diminati. Bisnisnya kami harapkan ini memang gak harus baru, tapi kita inginkan komitmennya untuk berbisnis,” ujar Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian dikala kegiatan konferensi pers di The MAJ Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).
Blibli.com menargetkan beberapa international expo bersama dengan Kementerian Perindustrian di antaranya yakni pekan raya di beberapa negara Eropa dan Amerika.
Selain itu, Blibli.com menunjukkan kesempatan bagi para penerima untuk ikut serta dengan ‘The Creator’, proyek kerja sama yang menyatukan creaticepreuneur dengan perjuangan yang sudah terbentuk. Hal ini bertujuan biar merek-merek milik creativepreneur lokal semakin dikenal oleh pasar. The Creator tahun ini akan menggandeng 15 merek dengan 15 influencer ternama.
Dalam penilainnya, Blibli.com akan menggandeng 4 pakar di bidangnya untuk menjadi juri. Mereka yakni Didiet Maulana, Founder of IKAT untuk kategori fashion, Pricilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori Kriya.
“Siapa yang sanggup masuk ke Blibli ini yakni UMKM mana yang sanggup berkontribusi secara kreatif. Kita punya sebutan creativepreuneur, yaitu pengqusaha yang produknya inovatif dan berdampak pada sosial. Nah ajang ini yakni The Big start yang lahir semenjak 2016, dan pendanaan atau funding totalnya yakni Rp 1,3 miliar,” kata Andy.
Andy menambahkan, bagi para calon partisipan, ketentuan untuk usianya tak kurang dari 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Selain itu, partisipan telah menjalankan perjuangan minimal 2 tahun.
Ajang TBS season 4 ini mulai pada 19 Juni 2019. Blibli pun akan menyambangi tiga kota besar di Pulau Jawa dari bulan Juni hingga Agustus. Pertama, Blibli akan menyambangi Bandung pada 28-30 Juni, Yogyakarta pada 19-21 Juli dan Surabaya pada 2-4 Agustus.
Setelah para calon cerativepreneur yang telah mendaftar di TBS, Blibi akan mengkurasinya menjadi top 100. Mereka akan dibantu untuk masuk ke platform Blibli.com dan akan diberikan kegiatan pendampingan oleh tim Galeri Indonesia.
Selanjutnya, akan dipilih top 20 perjuangan kreatif yang akan diberikan pembinaan secara intensif selama seminggu mengenai marketing dan branding, public speaking, financial planning, aspek hukum, dan keterampilan pemasaran lainnya. Dan hasilnya terpilih 4 creativepreneur muda terbaik untuk diberikan hadiah sebagai modal usaha.
“Ini semua akan mereka dapatkan, baik dari segi ilmu, mereka akan mendapat mentor selama seminggu untuk diskusi bagaimana menjalankan bisnis untuk mencapai kesuksesan,” pungkasnya.
(prf/krs)