Mengintip Keindahan Taman Nusa Gianyar, Destinasi Wisata Instagramable Di Bali | Inews Portal
GIANYAR, iNews.id – Taman Nusa Gianyar Bali merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang wajib dijelajahi. Berada di sini, wisatawan sanggup mencicipi pengalaman budaya.
Karena keunikannya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajak Taman Nusa Gianyar untuk menjadi kawan Co-Branding Wonderful Indonesia.
Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam kunjungan kerjanya ke Bali menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Nusa Gianyar. Kunjungan tersebut dilakukan sehabis meninjau festival Bali Beyond & Travel Fair (BBTF) 2019.
“Taman Nusa ini destinasi menarik. Wisatawan sanggup mendapat pengalaman budaya secara utuh. Spot ini sangat potensial untuk terus berkembang. Bergabungnya Taman Nusa dengan Wonderful Indonesia melalui co-branding tentu sangat bagus, serta sanggup menjadi kerja sama yang paten,” ujar Menpar Arif Yahya, di Bali Kamis 27 Juni 2019.
Sebagai kawan co-branding, ada beberapa kerja sama yang sanggup dilakukan Kemenpar dengan Taman Nusa. Pertama melalui sinergi tersebut, branding pariwisata Indonesia semakin berpengaruh terlebih sepanjang 2018, arus wisatawan Tiongkok yang menuju Bali mencapai 1,36 juta orang.
Untuk menarik wisatawan Tiongkok, Menteri Pariwisata bahkan meminta Pemilik Taman Nusa Gianyar Santoso Senangayah membuat restoran kuliner China atau chinese food.
“Untuk menarik lebih banyak wisatawan Tiongkok, Menpar meminta kami membuka restoran Chinese food di Taman Nusa Gianyar dengan koki dari Tiongkok. Karena wisatawan Tiongkok yang menghabiskan waktu cukup usang di Bali niscaya akan mencari kuliner tempat asalnya,” ujar Santoso.
Kerja sama yang berikutnya ialah peningkatan atraksi yang bersifat digital serta berkolaborasi dengan komunitas pencinta dan pemerhati pariwisata Indonesia, khususnya wilayah Gianyar, Bali. Taman Nusa diperlukan sanggup menyelenggarakan Pasar Digital bekerja sama dengan Generasi Pesona Indonesia (Genpi).
Selain itu, lewat kerja sama ini sanggup tercipta ragam co-creation yang sanggup menarik minat kunjungan wisatawan milenial. Terakhir, berkolaborasi bersama kawan co-branding Kemenpar lain untuk membuat banyak co-creation.
Taman Nusa merupakan salah satu destinasi wisata yang menyajikan pengalaman mengelilingi Indonesia di dalam satu lokasi. Berlokasi di Banjarangkan Banjar Blahpane Kelod, Sidan, Gianyar, Bali, pengunjung sanggup mengelilingi lahan seluas 15 hektare. Di sini pengunjung sanggup menyaksikan banyak sekali hal, mulai dari Kampung Budaya (terdiri dari rumah tradisional yang berjumlah lebih dari 60 bangunan), museum etnografi, wayang, dan kain, serta hal lain yang berkaitan dengan budaya Indonesia.
Sinergi dengan Taman Nusa Gianyar Bali dinilai Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani dinilai berpotensi memenangkan pasar milenial. Generasi milenial memang menjadi pangsa pasar menjanjikan.
Merujuk data UNDESA 2014, Asia akan menjadi rumah bagi populasi milenial sampai 2030. Sebanyak 57 persen kaum milenial ada di Asia dengan sebaran terbesar ada di Tiongkok sebanyak 333 juta orang. Sementara Indonesia mempunyai potensi pertumbuhan 82 juta milenial, sedangkan 42 juta milenial di Filipina, dan 26 juta milenial di Vietnam.
“Sebagai destinasi, Taman Nusa memenuhi kriteria destinasi favorit milenial. Ada banyak spot yang sangat instagramable di dalamnya. Secara teknis, kerja sama ini sanggup dijabarkan menjadi beberapa opsi. Nantinya, Kemenpar akan memperlihatkan guideline kepada Taman Nusa. Bentuknya berupa promosi destinasi dengan source yang dimiliki oleh Kemenpar,” kata Rizki.
Editor : Vien Dimyati