Pilihan pakaian Duchess of Sussex, Meghan Markle, memicu lebih banyak seruan online.
Wanita dalam keluarga kerajaan Inggris memang mempunyai imbas dalam hal fashion. Duchess of Sussex dan Duchess of Cambridge dikenal sering memulai tren, mempengaruhi para perempuan untuk belanja, dan menimbulkan pakaian yang mereka kenakan terjual habis.
Walaupun imbas Kate dan Meghan masih beredar, sepertinya Duchess of Sussex yakni perempuan yang lebih berpengaruh. Menurut Lyst, pilihan pakaian Meghan memicu seruan online hampir dua kali lipat seruan Kate.
Pada tahun 2019, pilihan mode Kate meningkatkan minat online sebesar 119 persen dan Meghan mempunyai rata-rata sekitar 216 persen.
Lyst juga menjelaskan bahwa Meghan cenderung mempengaruhi dalam hal warna, sementara Kate meningkatkan seruan untuk desainer tertentu.
Ketika Meghan dan Harry memperkenalkan putra mereka yang gres lahir, Archie Harrison, Meghan menggunakan gaun putih yang terinspirasi oleh tren dari Wales Bonner. Hal ini menimbulkan minat pada label tersebut meningkat 28 persen dan kata kunci ‘white trench dresses‘ ‘meningkat 46 persen hanya dalam 12 jam.
Namun, ini bukanlah momen yang paling kuat untuk Meghan sepanjang tahun ini. Gaun putih-perak yang dia kenakan untuk peringatan 50 tahun Investiture Pangeran Charles menimbulkan kenaikan 500 persen dalam pencarian ‘brocade dresses’ hanya dalam satu hari.
Kate juga mempunyai momen paling kuat pada apa yang dia kenakan tahun ini. Pengaruh terbesarnya yakni coat Catherine Walker yang dia kenakan ke perayaan Commonwealth Day, dan menciptakan pencarian gaya serupa naik 225 persen.
Walaupun dua perempuan ini sangat berpengaruh, Lyst menjelaskan ihwal imbas Meghan yang berkurang. Ini dikarenakan outfit yang dia kenakan kini tidak mempunyai dampak sebanyak ketika dia gres berkencan dengan Pangeran Harry. Walaupun berkurang, imbas mode Meghan masih jauh lebih tinggi daripada Kate yang telah menjadi anggota keluarga kerajaan semenjak 2011.
(Penulis: Amy de Klerk; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Evelyn Sunyoto; Foto: Courtesy of Bazaar UK)